600 Ribu Suara Sumedang, tidak menjadi Kursi di DPR RI

POLITIK

Setidaknya ada 600 ribu suara sah yang berhasil dikumpulkan pada Pemilu DPR RI 2019 di Kabupaten Sumedang, tidak satu pun Wakil DPR RI yang notabene warga Sumedang. Menurut catatan saya ada beberapa Caleg DPR RI yang merupakan warga Sumedang, baik domisili maupun asalnya dari Sumedang. Diantaranya ada Hj. Lilis Santika dari PKB, Don Murdono, Supriyadi dan Moh Agung Anugerah dari Gerindra, Hendrik Kurniawan dan Taufik Gunawansyah dari Golkar, Muhamad Reza Syarifudin Zaki atau Reza Zaki dari Nasdem, Sanusi Mawi dari PPP dan Lis Dedeh dari Demokrat.

Para wakil Sumedang yang bertarung tersebut memperoleh suara cukup bagus, namun sayangnya tidak signifikan kalau dibandingkan dengan Kabupaten Majalengka dan Subang. Sebut saja Hj Lilis Santika yang saat ini merupakan Anggota DPR RI (PAW) dari PKB berhasil mendapatkan 22.513 Suara, namun kalah oleh suara Maman Imanul Haq dengan peroleh suara di gabung dengan Majalengka dan Subang.

Don Murdono, mantan Bupati Sumedang 2 periode, mendapatkan suara sebanyak 29.519, Supriyadi 6.856 suara, sedangkan Mohamad Agung Anugerah mantan calon Wakil Bupati 2018, mendapatkan 15.048 suara, juga menelan pil pahit karena kalah oleh Jefry Romdony yang mendapatkan suara 44.273 suara dari Majalengka saja.

Wakil selanjutnya dari Golkar ada Hendrik Kurniawan yang mendapatkan 7.697 suara serta Taufik Gunawansyah, mantan Wakil Bupati Sumedang dan Mantan Calon Bupati Sumedang, mendapatkan suara cukup tinggi yaitu 39.292 suara dari Sumedang, namun harus tunduk pada Itje Siti Dewi Kuraesin yang mendapatkan suara bagus di Subang.

Sedangkan Reza Zaki dari Nasdem hanya mendapatkan 979 suara, Sanusi Mawi mendapatkan 7.963 Suara, dan Lis Dedeh 11.797 Suara. Baik Reza maupun Sanusi Mawi, Partai yang di usungnya yaitu Nasdem dan PPP terindikasi tidak memperoleh Kursi di Parlemen (DPR RI). Sedangkan Lis Dedeh harus menyerah kepada Linda Megawati, Politisi Partai Demokrat asal Subang.

Menyalinkode AMP

Suara masyarakat Majalengka yang menggunakan hak pilih tahun ini sebanyak 1.124.536 suara. Dan berhasil mengirimkan 3 orang kandidat menjadi Wakil di DPR RI, yakni Dr. H. Sutrisno, Mantan Bupati Majalengka dari PDIP, Maman Imanul Haq mantan Anggota DPR RI (PKB) dan juga Mantan Calon Bupati Majalengka 2018, serta Direktur Relawan TKN Pilpres 2019. Sedangkan satu lagi adalah Jefry Romdonny, Mantan kandidat pada Pilkada Majalengka 2018, dari Partai Gerindra.

Sedangkan Subang, masih tangguh dengan kemenangan Linda Megawati, Politisi Demokrat yang melenggang ke Senayan untuk ke-3 kalinya.

Demokrasi

Demokrasi yang sudah dilakukan hari ini, adalah catatan penting buat semuanya. Namun 600 ribu lebih suara Sumedang, tidak mendapatkan kursi sebagai wakil di DPR RI harus menjadi perhatian masyarakat Sumedang. Persaingan untuk mendapatkan yang terbaik adalah penting, namun sinergi dan kerjasama jauh lebih penting. Egoisme dan keyakinan akan bisa melakukannya sendirian, tentu bukan jamannya lagi.

Sebagai masyarakat Sumedang, yang berharap ada wakil yang bisa membawa harum nama Sumedang dan juga menjadi cantolan bagi Masyarakat Sumedang dalam membawa aspirasi ke Pusat, menjadi hilang setelah Dony Ahmad Munir, menjadi Bupati Sumedang, dan Lilis Santika yang menggantikan Maman Imanul Haq berhenti juga karena kekalahannya pada Pileg tahun ini.

Paling tidak, jika ada wakil kita di DPR RI, ada kebanggaan sebagai masyarakatnya. Selain TAHU yang bisa kita banggakan. (Think).

Tambahan:

Lackie Suwandie, SE dari Partai Golkar dengan perolehan suara sebanyak 8.695 juga berdomisili di Sumedang (sesuai dengan keterangan dari Tim Sukses melalui WhatsApp). Demikian telah ditambahkan. Terima Kasih.

1 thought on “600 Ribu Suara Sumedang, tidak menjadi Kursi di DPR RI

Tinggalkan Balasan