Apa Perbedaan Bendung dan Bendungan ?

TINEWSSPEDIA

Tidak sedikit orang keliru dengan sebutan bendung dan bendungan. secara tata kata memang hampir sama, namun pada kenyataannya ternyata amat berbeda. Bendung (weir) dan Bendungan (Dam) itu berbeda. Oleh karena itu, mari kita bedah perbedaan antara bendung dan bendungan.

Bendung Regrang, Sumedang. Sumber Foto : sumedangkab.go.id

Bendung (weir)
Bendung adalah sebuah konstruksi yang dibangun melintasi aliran sungai yang berguna untuk mengubah karakteristik aliran sungai atau menghalangi aliran sungai agar permukaan air sungai naik sampai pada ketinggian Bendung itu sendiri. Bendung tidak dilengkapi pintu air, sehingga, bangunan ini membiarkan air sungai tetap mengalir meluap melewati bagian atas bendung.

Bendung bermanfaat untuk menaikan air agar bisa mengalir ke saluran irigasi. Selain itu juga bisa untuk mencegah banjir, mengukur debit sungai, dan memperlambat aliran sungai sehingga menjadikan aliran sungai mudah dilalui.

Bendung juga terbagi menjadi dua jenis :

Bendung tetap
Bendung tetap adalah jenis kontstruksi bendung yang dibuat untuk meninggikan muka air sungai pada ketinggian yang telah ditetapkan atau diperlukan supaya air dapat disalurkan ke saluran irigasi atau lahan pesawahan. Pada bendung tetap, ketinggian air di hulu berubah sesuai debit sungai yang sedang meluap, dalam hal ini muka air pada bendung tetap tidak bisa diatur naik turun. Bendung sungai tetap biasa di bangun di daerah hulu sungai.

Menyalinkode AMP

Bendung gerak /berpintu
Bendung bergerak/berpintu adalah jenis bendung yang tinggi pembendungan airnya dapat diatur atau diubah-ubah sesuai keperluan. Pada bendung gerak muka air di hulu bendung dapat dikendalikan naik turun sesuai keperluan dengan cara membuka atau menutup pintu air. Bendung gerak biasanya di bangun pada daerah hilir sungai atau muara. Misalkan apabila keadaan banjir maka ketinggian air di hulu bisa di turunkan dengan membuka pintu-pintu air, sehingga air tidak limpas ke mana-mana.

Bendungan Jatigede, Sumedang. Sumber Foto : situsbudaya.id

Bendungan (Dam)
Bendungan merupakan sebuah konstruksi yang dibangun untuk menahan laju air menjadi waduk, danau, ataupun tempat rekreasi. Seringkali bendungan juga digunakan untuk mengalirkan air untuk menggerakan turbin Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Bendungan memiliki bagian yang disebut dengan pintu air yang digunakan untuk mengalirkan air yang tidak diperlukan secara bertahap. Fungsi bendungan diantaranya sebagai pembangkit listrik, untuk menstabilkan aliran air/ irigasi, untuk mencegah banjir, untuk bangunan pengalihan.

Di Sumedang, kita mengenal ada Jatigede dan ada Rengrang. Jatigede adalah Bendungan, sedangkan Rengrang adalah Bendung.

Diambil dari berbagai sumber. Terima kasih.

1 thought on “Apa Perbedaan Bendung dan Bendungan ?

Tinggalkan Balasan