Bahaya Laten Banjir Kahatex : Makin Nyata .

Penyebab banjir Kahatex dan sekitarnya disebabkan air run off Sub DAS Citarik “watershed” DAS CITARUM dengan luas 4.315,4 hektar meliputi Desa Dampit , Desa Tanjungwangi , Desa Cimanggung , Desa Tegalmanggung dan Desa Cimanggung. Sub DAS Citarik adalah area aliran Sungai Citarik dengan hulu sungai di Kawasan Konservasi Gunung Kareumbi Masigit Kabupaten Sumedang yang bermuara ke Sungai Citarum , DAS Citarum .

Tekanan pembangunan tanpa memperhatikan aspek lingkungan di kawasan Sub DAS Citarik ini semakin menjadi hingga saat ini . Kawasan Sub DAS ini memiliki sumber air berlimpah dengan view bukit berhawa sejuk sangat cocok untuk permukiman . Pembangunan permukiman dengan KONSEP maksimalisasi jumlah rumah atau menjual sebanyak bannyaknya “UNIT” rumah membuat permukiman terbangun kurang memperhatikan aspek lingkungan . Kondisi ini diperparah dengan tidak selektifnya pemerintah memberikan izin kepada pengambang permukiman . Kondisi ini berlangsung lama dan kerusakan lingkungan semakin menjadi dan seterusnya akan memperparah bencana banjir di tahun tahun mendatang .

Untuk menghentikan bahaya laten banjir Kahatex harus dicari solusi mengatasi persoalam sumber penyebabnya , seperti :

(1) Pemda Sumedang berkoordinasi dengan Provinsi Jawa Barat dan instansi terkait seperti BPDAS , BBWS Citarum , BPLHD , dll membahas “action plan” berupa langkah serius pengelolaan SubDAS Citarik guna mencegah berulangnya Bahaya Laten Banjir di kawasan itu .


(2) Pemda Sumedang bersama Provinsi Jawa Barat membangun infrastruktur civil engineering guna fasilitasi dan menarik pengembang dengan konsep menjual HUNIAN yang ramah lingkungan , misal menata lingkungan “zonasi permukiman” , membuat drainase induk , membuat jalan akses baru dll dll ..


(3) Pemda Sumedang memberlakukan perizinan ketat selektif dengan persyaratan civil engineering ketat sehingga permukiman yg terbangun berwawasan lingkungan dengan konsep “menjual HUNIAN” .

Banjir itu akibat bukan sebab . Mengatasi akibat tanpa mengatasi penyebab tidak akan menyelesaikan masalah bahkan akan bermunculan akibat akibat berikutnya yg lebih sulit diatasi …

Semoga ada solusi jangka panjang . Kedepan Bahaya Laten Banjir Kahatex hilang digantikan Permukiman Sumedang Asri Pikabetaheun …..

Terima Kasih Untuk Berbagi
  • 25
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    25
    Shares
  • 25
    Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *