Tiana News

Berita Warga Langsung Dari Warga

Kontrol PPKM Darurat, Anggota DPRD Tekan Pentingnya Peran Puskesmas

Tiana News – Anggota Fraksi PKS DPRD Kabupaten Sumedang Anisa Choeriah, mengingatkan pentingnya peran Puskesmas sebagai garda terdepan dalam penanggulangan wabah COVID-19.

Umi Nisa, sapaan akrabnya, meminta agar Pemerintah Kabupaten Sumedang segera melengkapi Fasilitas Kesehatan Puskesmas seiring melonjaknya kasus COVID-19 di Sumedang belakangan ini.

Hal tersebut disampaikan setelah Anggota Komisi II tersebut bersama kelompok 11 Anggota DPRD Dapil IV, saat melaksanakan pengawasan PPKM Darurat ke Puskesmas Situraja dan Puskesmas Darmaraja, belum lama ini.

Anisa mendapati berbagai keluhan dari Puskesmas tersebut. Diantaranya kurangnya sarana dan prasarana penunjang medis penanganan COVID-19, seperti tabung oksigen, Alat Pelindung Diri (APD) dan kendaraan ambulan.

“Padahal Puskesmas merupakan ujung tombak penanganan pasien COVID-19 di daerah,” ujarnya.

Kemudian, Anisa juga mendapati masih kurangnya koordinasi antar klinik-klinik penyedia layanan rapid test antigen dengan petugas pemerintah.

“Sehingga keakuratan data terkonfirmasi COVID-19 kurang aktual, koordinasi yang belum optimal dengan aparat dan kader-kader desa juga menjadi kendala dalam penyediaan data terkonfirmasi positif kurang aktual (realtime),” tuturnya.

Sedangkan, di sisi lain, kata Anisa, kesadaran masyarakat dalam menaati protokol kesehatan masih rendah

Dalam kunjungan ke dua puskesmas tersebut, Anisa memperoleh data di Kecamatan Situraja terkonfirmasi positif sebanyak 12 orang yang tersebar di 5 desa.

Sedangkan di Kecamatan Darmaraja sejak awal kemunculan Virus COVID-19 sudah terkonfirmasi sebanyak 220 orang dan 12 orang meninggal terkonfirmasi positif COVID-19.

“Dan yang paling memprihatinkan, saat ini terdapat 18 Orang Tenaga Kesehatan Terkonfirmasi COVID-19. Dari 18 nakes tersebut, 12 sedang melaksanakan isolasi mandiri, dan 6 orang sudah selesai isolasi dan dinyatakan negatif,” pungkasnya.(LutfiSS)

Terima Kasih Untuk Berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •